Delta Shop

Tuesday, June 19, 2007

Lesson 8 (pentatonic+blues+shuffle)

Lessons 8 at Gitaris.com (pentatonic+blues+shuffle)
http://www.gitaris.com/showthread.php?t=8365

Hi temen2 ..it's for Pentatonic based on Blues !!

Disini saya mau membagi 3 point penting dalam bermain pentatonic BLues progression yaitu : Shuffle, Question and Answer, Major & Minor Pentatonic Improvise.

#1. Shuffle Rhythm + Lead
nah menurut ku untuk memainkan Rhythm & Lead blues itu bukan sekedar straight beat, alias beat lurus satu dua tiga empat, tapi diperlukan feel shuffle yang kurang lebih bersifat agak swing. Ini emang susah kalo di jabarin dengan kata2 , jadi misalkan dalam satu ketukan 1/4 kan ada not 2/8 ,yang kita jabarin menjadi 2/8= 1/8 (down beat) + 1/8 (Up beat), nah yg Shuffle ini letaknya di Up beat yang seakan-akan agak telat temponya, jadi gak jatuh pas di Up Beat ..melainkan sedikit telat kalo pake notasi mungkin nulisnya jadi 1/8 + rest(tanda diam) 1/16+ nada 1/16. cuma gak perlu sekompleks itu sih..cukup aja kita tau Down and Up beat dan sedikit di shuffle dan swing. Ini perlu banget dipelajari kalo mau dapet bluesnya..latih aja sering2 Rhythman nya dengan beat tersebut ok, janji ya latih shuffle/ swing .



Vid. Clip Shuffle

#2. Art of Question & Answer
Blues ini adalah salah satu musik yang sangat komunikatif .Blues sangat identik dengan Jam Session , nah disinilah salah satu aspek menarik dari blues yaitu tentang ekspresi jiwa masing2 individual dalam memainkan gitarnya dan membikin phrasering2 yang menarik dan sangat responsif. disini saya akan membagi tips penting dalam ber phrasing saat jam session, sehingga jamming terkesan variatif Kreatif dan lebih hidup!

Vid. clip Question & Answer

#3.Major Minor Pentatonic
Untuk memperluas vocabulary pilihan nada dan phrasering, kita perlu mengetahui 2 aspek penting dari Major dan Minor Pentatonic, ini juga sangat berkaitan erat dengan Aplikasi Question and Answer dalam berphrasing disaat jam session. sejauh ini kebanyakan emang Minor Scale Pentatonic lebih mengena dan mudah untuk dimainkan, karena emang secara auditif sudah sangat Bluesy sedangkan Major Pentatonic lebih terkesan Country kalo menurut saya, untuk itu kita harus pintar2 mengolah major pentatonic tersebut supaya OK juga soundnya . untuk keterangan lebih lanjut silahkan cek Tab dibawah untuk scales dan video clip nya.



Vid. clip Major Minor Pentatonic

semoga bermanfaat!!!

No comments: