Delta Shop

Tuesday, June 19, 2007

Lesson 14 (Bassline + Chords = Walking bassline jazz)

Lesson 14 (Bassline + Chords = Walking bassline jazz)
http://www.gitaris.com/showthread.php?t=10178

Hi semua!
Berhubung banyak peminat dari temen2 akan walking bassline jadi dikesempatan ini saya mau share tentang bassline+chords jazz atau lebih dikenal dengan Walking Bassline Jazz. Disini saya pertama-tama memilah dan menganalisa bass linenya dan progresi chords jazz ii7 V7 I7 vi7. Sehingga ada 3 bagian pokok yang penting dalam memainkan walking bassline ini,yaitu:

#1. Bassline.
kita perlu memainkan bassline ini dengan 'hidup' oleh krn itu coba mainkan bassline tersebut dengan sedikit 'swing' ..dikesempatan sebelumnya saya sempet membahas tentang swing, mungkin temen2 bisa cek/browse lagi di lesson page ok.

#2. Chords.
Supaya permainan kita lebih ok, kita perlu memahami apa yang terjadi pada progresi harmony suatu lagu. Disini saya memberikan contoh yg simple progresi jazz standard ii7 V7 I7 vi7..dengan menggunakan 3 nada harmony yang simple dari penjariannya, kita tetap menjaga kualitas harmony dari chords2 tsb.Untuk Refrensi coba liat2 lagi lesson seblumnya mengenai Jazz chords progresi di lesson page.

#3. Bassline+chords combine.
Dari kaca mata saya, walking bassline sebernarnya bukanlah hal baru didunia gitar dan musik. kita bisa temui permainin bassline yg dinamik dari jaman Baroque yang terkenal dengan poliphony nya, sebut saja seperti composer Bach dengan musik laboraturiumnya. jadi kliatannya tehnik walking bassline ini sedikit mirip atau kemungkinan mengadaptasi dari permainan tehnik gitar dan musik klasik.
setelah kita menganalisa Bassline serta Progresi nya, skrg permainan walking bassline ini lebih bisa kita nikmati dan pahami dengan benar. kuncinya tetap konsentrasi dengan Bassline, lalu beri sedikit pemanis dengan harmonisasi chord jazznya..enjoy it!

example dibawah menggunakan tangga nada C=do.


video clip


p.s: supaya mendonlot lebih mudah maka saya turunkan kualitas gambarnya sedikit tapi tanpa mengurangi kualitas suaranya..harap maklum.

1 comment:

Unknown said...

woww bagus nih mas materinya. kok ga diupdate lagi sih blognya. bagus banget ni, sama kayak blog saya tentang Panduan Belajar Gitar Bagi Pemula. ditunggu materi lanjutannya mas :)